Minggu, Oktober 28, 2012

Tanki Kompresor Anda Berair?? Mengapa??

Udara terkompresi berair ---- Mengapa pada compressed air bisa mengandung air??? 

Pertanyaan ini sangat bagus sekali,  tetapi masih ada saja beberapa user (berpengalaman) tidak mengerti akan "mengapa".  Hal ini masih biasa ajah loh...sampai pernah suatu ketika (lupa kapannya) sekitar tahun 2011 akhir Manajer Teknisi saya mendapatkan pertanyaan dari Kepala Teknisi customer kami : " Mengapa kompresor saya waktu pengisian anginnya cepat sekali??? tapi...waktu pemakaian lebih cepat lagi (nah loh bingung dah)??"
Lalu,  Manajer saya menjawab " Seberapa cepat Pak" lalu Kepala Teknisi itu menjawab " waktu pengisian untuk 5Hp moso ndak perlu 10 detik trus ndak perlu 5 detik udah loading lagi?? "
Manajer saya lalu menjawab lagi " Tanki dibawah kompresor sering dibuang gak airnya Pak??"  Dengan mimil wajah yang terkejut Bapak itu menjawab " APAAA?? (lebay deh) Buang Air???? Meneketehek!!"


Nah sekilas dari dialog diatas membuktikan bahwa sebagian user tidak tahu bahwa didalam tanki (pressure vessel/bejana tekan) terdapat air.   Dan untuk kondisi loading unloading sendiri,  didapati dari dialog diatas bahwa sebenarnya tanki sudah penuh dengan air sehingga tidak ada lagi ruang kosong untuk menampung angin,  hal ini dikarenakan :
tanki (bejana tekan/pressure vessel) tidak pernah dibuang airnya (dengan membuka keran/ball valve dibawahnya) dan atau ball valve / keran tanki rusak (mampet)
Kemudian setelah sekilas berdialog Manajer saya membuka keran air (ball valve) dibawah tanki....Benar saja....didalam tanki penuh dengan air.....Lalu si Bapak masih dengan mimik terkejut "Lah iki piye toh, ini kompresor rusak ya?? yang disedot kan angin bukan air?? kok bisa ada airnya??"

Nah, mungkin ada sebagian dari pembaca sekalian pun masih mempunyai pertanyaan seperti si Bapak,  (kalau yang dari pembaca ada yang mengerti penjelasan IPA nya bisa ditambahkan di komen ^^) "kok bisa yang dikompres udara tapi di tanki malah keluar air bukan murni udara"

Sebenarnya didalam Udara yang kita hirup pun sudah ada kandungan air selain kandunga-kandungan lainnya, nah pada saat kompresor menghisap udara sebenarnya secara tidak kasat mata udara yang diserap juga mengandung air.  Nah, pada saat pengkompresan terjadi bukan hanya udara yang di mampatkan (compressed) otomatis air yang terkandung didalam udarapun ikut termampatkan.  Pada saat kompresi (pemampatan) terjadi di dalam kompresor otomatis temperatur udara ikut menjadi naik,  pada saat udara yang telah dimampatkan (compressed air) keluar dan masuk dalam tanki,  terjadi lah kondensasi.

Kondensasi ini lah yang menyebabkan si tanki tadi didalamnya terdapat air (selain udara bertekanan.  Air ini akan menjadi semakin banyak seiring bertambahnya kapasitas si udara bertekanan (compressed air).  Maka user sangat disarankan untuk mengeringkan isi tanki dengan membuka ball valve (keran) dibawah tanki, setiap hari, atau minimal 2 hari sekali.

Berikut gambar sederhana untuk pengompresan (pemampatan) udara :
Sekian dari artikel kali ini,untuk yang masih bingung bisa klick dulu kondensasi itu apa?
Untuk memahami artikel ini Anda perlu tahu arti dari kondensasi.






21 komentar:

  1. Trims blognya, menambah pengetahuan... Apa ada cara lain untuk mengurangi kondensasi air dalam tangki selain menggunakan dryer (karena kurang maksimal)?

    BalasHapus
  2. karna mesin kompresor terlalu panas bisa juga gan.ane pernah nyoba pake kipas tambahan di luar ,hasilnya air tangkinya berkurang..dan bau menyengat oli juga berkurang

    BalasHapus
  3. udah di kuras trus tapi airnya masih ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. ember..kesel gw juga masa kompresor anyar 1 hr ngecat bisa buang 3 sampai 4 kali..pasang filter tambahan angger ga sepenuh nya ke tahan tuh air..hanyut lah ke spray gun..gatot deh cat nya

      Hapus
  4. Keluar angin kecil ap yah penyebbya

    BalasHapus
  5. Misalnya kan angin nya isi , tpi ngisi nya ga sampe penuh sampe angka 3 aja tuh pengisian nya , kira kira apa kendalanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelan otomatis nya di atur lagi..bisa jd di stel segitu biar daya listrik ringan..karena daya yg tertulis 900watt bisa anjal sampai 1300 watt..jeplak deh listrik rumah..buuusss ceplak..

      Hapus
  6. apa yg meyebabkan angin keluar dari lobang Pressure.tekanan kluar dengan cepat

    BalasHapus
  7. pengisian kompresor listrik kok blkngan ini agak lama ya

    BalasHapus
  8. air yang keluar itu bercampur minyak ke?

    BalasHapus
  9. Mau tanya boss, sebelumnya kompresor saya taruh di atas tanah, setelah itu saya naikkan saya taruh di atas kursi sekitar 1mtr perasaan saya kok airya ber tsmbah banyak itu apa pengaruh ya

    BalasHapus
  10. Mau tanya boss, sebelumnya kompresor saya taruh di atas tanah, setelah itu saya naikkan saya taruh di atas kursi sekitar 1mtr perasaan saya kok airya ber tsmbah banyak itu apa pengaruh ya

    BalasHapus
  11. Mau tanya boss, sebelumnya kompresor saya taruh di atas tanah, setelah itu saya naikkan saya taruh di atas kursi sekitar 1mtr perasaan saya kok airya ber tsmbah banyak itu apa pengaruh ya

    BalasHapus
  12. Di compresor tempat saya bekerja pipanya ber embun terus. Yg mengakibatkan ruang compresor jadi banyak air. . Adakah cara yg bisa dilakukan untuk bisa menghilangkan kondensasi dipipa tersebut. Biar berpindah ditanki raciver saja.
    Apa ada yg salah sama instalasi pipanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nagh sama dengan kasus kompresor HP dt4 kerja sy..sampai sekrng masih berembun...ada solusinya mas??

      Hapus
  13. Penyebab oli tercampur air pada kompresor apa yach..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin piston/ring piston udah aus.. jadi saat menekan masuk ke tangki udara tercampur dengan oli pelimas pistin

      Hapus
  14. Bos kompresor saya masih baru tapi kenapa kalo sdh full anginnya di kisaran 100 psi lama kelamaan habis bos,,, di cek dari selang baut baut gk ada yg bocor dimna kira kira yg bocor bos ,, trimaksih kiranya mo mmbantu

    BalasHapus