Sabtu, September 29, 2012

I. Terdengan deritan suara pun sudah TERLAMBAT

Postingan kali ini sebenarnya juga mengedepankan topik yang sama dengan dua postingan sebelumnya,  yaitu masalah penggunaan Oli Pelumas pada kompresor dengan kualitas rendah.  Namun kali ini lebih menyorot pada kondisi Screw/Rotor tingkat lanjutan (bila penggunaan terus berlanjut).  Gambar diambil pada saat Air End pada kompresor 30HP (22kW) dilakukan overhaul (penggantian bearing dan pengecekan rutin)

Mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi pada USER sekalian,  tetap gunakan oli pelumas dengan kualitas baik. Berikut gambar dan penjelasannya.....^^


Gambar diatas adalah gambar Air End setelah covernya dibuka.  Lihatlah cairan berwarna kuning yang menempel,  lebih pantas disebut oli atau lem aibon???
Gambar diatas adalah Front Cover dari R/N,  cover menggunakan oring sebagai sealing bukan gasket. (sekilas info)
Bagian depan dari R/N setelah front cover dilepaskan....
Warna dasar dari bagian depan R/N harusnya merah,  lihat warna hitam yang menempel, itu adalah bekas oli bercampur kerak karbon.
Pada saat Screw / Rotor dilepaskan pelor pada bearing pada bagian upper terlepas.
Perhatikan tanda lingkaran merah,  itu adalah kerak karbon yang menempel.  Berikutnya perhatikan dinding casing Air End bagian dalam,  sudah banyak terdapat oli yang menempel yang bercampur dengan serbuk-serbuk rontokan dari bearing yang aus atau tergesek.

BERSAMBUNG.......