Jumat, September 28, 2012

I. Please deh Pak Boss, pake oli bagusan dikit dong!! (Bearing)

Kompresor ini sebenarnya pada saat kunjungan sudah terdengar suara yang mencurigakan,  bagusnya suara tersebut baru terjadi/muncul dan terdengar masih baik-baik saja.  Tetapi pada saat Air End akan di overhaul,  pada saat pembongkaran terlihat banyak sekali Karbon yang menggumpal, mengerak dan bearing juga sudah rusak parah,  beruntungnya baru hal ini baru saja terjadi jika tidak kami juga tidak bisa membayangkannya.  Para Pak Boss selalu berkata “haiiizz oli mah sama aje,  lagian oli khusus dari pabrik bawaan kompresor kan mahal”,  maka dari itu mereka selalu menggunakan oli-oli murah dengan mutu yaaaahhhh Anda tau sendiri lah setelah melihat gambar berikut.  Dan juga waktu Service prefentif yang tidak pasti, maka terjadilah akibat yang bila setelah Anda lihat,  Anda akan berpikir “ Ini kompresor pakai oli pelumas apa ASPAL?”

Bagian belakang tutup dari Air End,  bagian “rumah” bearing sudah lepas dari tempat yang seharusnya alias rusak.

Bearing yang sudah rusak parah
“Pelor” pada bearing yang berfungsi sebagai “roda pemutar” bahkan sudah lepas dari kedudukannya
Bagian yang ditunjukan oleh panah biru memperlihatkan tebalnya kerak karbon yang menempel pada pinggiran2 Air End.


Bearing-bearing yang rusak setelah dilepaskan
Kerak karbon yang sudah serupa dengan ASPAL jalan didepan pabrik Anda

Inilah yang terdapat didalam Air End Anda apabila Anda menggunakan oli pelumas dengan harga murah dan mutu rendah. 
“Apa gak dipikir Anda memasukan ASPAL kedalam kompresor Anda Pak Boss??”

So, suggest customer / User sekalian gunakan oli dengan kualitas baik.  Selain mesin Anda menjadi awet, Anda juga dapat menekan biaya produksi.  Oli Qualitas baik memang mahal kelihatannya,  tetapi dengan perhitungan cermat dapat Anda rasakan betapa Oli Qualitas baik membantu Anda dalam menghemat biaya Maintenance dan merawat kompresor Anda pada saat Anda tidur sekalipun. 

Chapter II akan memperlihatkan dampak pemggunaan oli qualitas rendah terhadap ROTOR or SCREW